KECIL DISUKA, MUDA BERKARYA, TUA KAYA RAYA, MATI (mudah-mudahan) MASUK SURGA

Senin, 03 Maret 2014

PIK REMAJA, PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN

REMAJA :
 adalah masa Transisi dari anak-anak kepada kedewasaan. (Usia 10 – 24 Tahun)

PIK-REMAJA
Suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh untuk remaja guna pemberian pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi, serta  penyiapan kehidupan berkeluarga

5 TRANSISI KEHIDUPAN REMAJA : (Menurut Bank Dunia) :
1. Melanjutkan Pendidikan
2. Mencari pekerjaan
3. memulai kehidupan berkeluarga
4. menjadi anggota masyarakat
5. Mempraktikan hidup sehat

TRIAD KRR
Adalah 3 permasalahan yang dihadapi oleh remaja, yaitu:
1. Seksualitas : Seks pra Nikah dan Aborsi
 2. Penyalahgunaan Narkoba
3. HIV dan AIDS

SASARAN PIK REMAJA :
ü Pembina
ü Pengelola PIK-R
ü Pendidik Sebaya
ü Konselor Sebaya


RUANG LINGKUP PIK REMAJA :
ü Pemberian Informasi KRR,
ü Keterampilan/kecakapan hidup (life skills),
ü Pelayanan konseling,
ü Rujukan,
ü Pengembangan jaringan dan dukungan,
ü Kegiatan-kegiatan pendukung lainnya sesuai  ciri & minat remaja

ARAH PIK REMAJA :
ü PIK-R dikembangkan dan dikelola dari, oleh dan untuk remaja
ü PIK-K sebagai sumber informasi KRR
ü Kegiatan PIK-R: “ramah remaja”
ü PIK-R sbg wadah mengintegrasikan upaya peningkatan  assests dan pengembangan resources


TAHAP PENGEMBANGAN PIK REMAJA :

PIK REMAJA TAHAP TUMBUH

Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
Kegiatan yang dilakukan
Dukungan & jaringan (resources) yg dimiliki
1.       TRIAD KRR
2.       Pendalaman materi TRIAD KRR
3.       Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
4.       Dilakukan di tempat PIK-R berada
5.       Bentuk aktifitas bersifat penyadaran (KIE)
6.       Menggunakan media cetak
7.       Pencatatan
8.       Ruang khusus
9.       Memiliki papan nama
10.   Struktur pengurus
11.   2 orang Pendidik Sebaya yang dapat diakses

          PIK REMAJA TAHAP TEGAK
Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
Kegiatan yang dilakukan
Dukungan & jaringan (resources) yg dimiliki
1.       TRIAD KRR
2.       Pendalaman materi TRIAD KRR
3.       Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
4.       Kecakapan hidup (life skills)
5.       Keterampilan advokasi
6.       Di dalam dan di luar PIK-KRR
7.       Bentuk aktifitas bersifat penyadaran (KIE)
8.       Melakukan konseling
9.       Menggunakan media cetak dan elektronik
10.   Pencatatan
11.   Advokasi & promosi utk  mengembangkan jaringan pelayanan
12.   Menarik minat remaja
13.   Ruang khusus dan ruang pertemuan
14.   Memiliki papan nama
15.   Struktur pengurus
16.   4 org Pendidik Sebaya
17.   2 org Konselor Sebaya
18.   Jaringan dgn pelayanan medis dan non medis


PIK REMAJA TAHAP TEGAR

Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
Kegiatan yang dilakukan
Dukungan & jaringan (resources) yg dimiliki
1.       TRIAD KRR
2.       Pendalaman materi TRIAD KRR
3.       Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
4.       Kecakapan hidup (life skills)
5.       Keterampilan advokasi
6.       Pendalaman advokasi
7.       Di dalam dan di luar PIK-KRR
8.       Bentuk aktifitas bersifat penyadaran (KIE)
9.       Melakukan konseling
10.   Menggunakan media cetak dan elektronik
11.   Pencatatan
12.   Advokasi utk meningkatkan kualitas & keberlangsungan PIK-KRR
13.   Ruang khusus dan ruang pertemuan
14.   Memiliki papan nama
15.   Struktur pengurus
16.   4 org Pendidik Sebaya
17.   4 org Konselor Sebaya
18.   Jaringan dgn pelayanan medis dan non medis
19.   Memiliki konseling hotline


»»  BACA SELENGKAPNYA BRO...