PIK
REMAJA, PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN
REMAJA
:
adalah masa
Transisi dari anak-anak kepada kedewasaan. (Usia 10 – 24 Tahun)
PIK-REMAJA
Suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh untuk remaja guna pemberian pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi, serta penyiapan kehidupan berkeluarga
Suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh untuk remaja guna pemberian pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi, serta penyiapan kehidupan berkeluarga
5
TRANSISI KEHIDUPAN REMAJA : (Menurut
Bank Dunia) :
1. Melanjutkan Pendidikan
2. Mencari pekerjaan
3. memulai kehidupan berkeluarga
4. menjadi anggota masyarakat
5. Mempraktikan hidup sehat
1. Melanjutkan Pendidikan
2. Mencari pekerjaan
3. memulai kehidupan berkeluarga
4. menjadi anggota masyarakat
5. Mempraktikan hidup sehat
TRIAD KRR :
Adalah 3 permasalahan yang dihadapi
oleh remaja, yaitu:
1. Seksualitas : Seks pra Nikah dan Aborsi
2. Penyalahgunaan Narkoba
3. HIV dan AIDS
1. Seksualitas : Seks pra Nikah dan Aborsi
2. Penyalahgunaan Narkoba
3. HIV dan AIDS
SASARAN
PIK REMAJA :
ü
Pembina
ü
Pengelola
PIK-R
ü
Pendidik
Sebaya
ü
Konselor
Sebaya
RUANG
LINGKUP PIK REMAJA :
ü
Pemberian
Informasi KRR,
ü
Keterampilan/kecakapan
hidup (life skills),
ü
Pelayanan
konseling,
ü
Rujukan,
ü
Pengembangan
jaringan dan dukungan,
ü
Kegiatan-kegiatan
pendukung lainnya sesuai ciri &
minat remaja
ARAH PIK REMAJA :
ü
PIK-R
dikembangkan dan dikelola dari, oleh dan untuk remaja
ü
PIK-K
sebagai sumber informasi KRR
ü
Kegiatan
PIK-R: “ramah remaja”
ü
PIK-R
sbg wadah mengintegrasikan upaya peningkatan
assests dan pengembangan resources
TAHAP
PENGEMBANGAN PIK REMAJA :
PIK REMAJA
TAHAP TUMBUH
Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
|
Kegiatan yang dilakukan
|
Dukungan & jaringan (resources) yg
dimiliki
|
1. TRIAD KRR
2. Pendalaman materi TRIAD KRR
3. Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
|
4. Dilakukan di tempat PIK-R
berada
5. Bentuk aktifitas bersifat penyadaran
(KIE)
6. Menggunakan media cetak
7. Pencatatan
|
8. Ruang khusus
9. Memiliki papan nama
10. Struktur pengurus
11. 2 orang Pendidik Sebaya yang dapat diakses
|
PIK REMAJA
TAHAP TEGAK
Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
|
Kegiatan yang dilakukan
|
Dukungan
& jaringan (resources) yg
dimiliki
|
1. TRIAD KRR
2. Pendalaman materi TRIAD KRR
3. Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
4. Kecakapan hidup (life skills)
5. Keterampilan advokasi
|
6. Di dalam dan di luar PIK-KRR
7. Bentuk aktifitas bersifat penyadaran
(KIE)
8. Melakukan konseling
9. Menggunakan media cetak dan elektronik
10. Pencatatan
11. Advokasi & promosi utk mengembangkan jaringan pelayanan
12. Menarik minat remaja
|
13. Ruang khusus dan ruang pertemuan
14. Memiliki papan nama
15. Struktur pengurus
16. 4 org Pendidik Sebaya
17. 2 org Konselor Sebaya
18. Jaringan dgn pelayanan medis dan non medis
|
PIK REMAJA
TAHAP TEGAR
Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
|
Kegiatan yang dilakukan
|
Dukungan & jaringan (resources) yg
dimiliki
|
1. TRIAD KRR
2. Pendalaman materi TRIAD KRR
3. Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
4. Kecakapan hidup (life skills)
5. Keterampilan advokasi
6. Pendalaman advokasi
|
7. Di dalam dan di luar PIK-KRR
8. Bentuk aktifitas bersifat penyadaran
(KIE)
9. Melakukan konseling
10. Menggunakan media cetak dan elektronik
11. Pencatatan
12. Advokasi utk meningkatkan
kualitas & keberlangsungan PIK-KRR
|
13. Ruang khusus dan ruang pertemuan
14. Memiliki papan nama
15. Struktur pengurus
16. 4 org Pendidik Sebaya
17. 4 org Konselor Sebaya
18. Jaringan dgn pelayanan medis dan non medis
19. Memiliki konseling hotline
|